Memanfaatkan waktu luang maupun hari libur tak hanya pergi ke tempat wisata saja yang tentu sangat menyenangkan. Namun, di rumah kamu pun juga akan sangat menyenangkan. Terlebih berkumpul bersama seluruh keluarga tercinta, dan tentu tidak mengeluarkan dana yang berlebih. Banyak hal yang dapat kamu lakukan di rumah untuk mengisi waktu akhir pekanmu. Salah satunya yakni menonton film. Ya, kegiatan ini sangatlah mengasyikkan. Namun, pastinya kamu berpikiran bahwa menonton film itu paling asyik ya di bioskop. Ets, namun jangan salah, kamu pun juga dapat merasakan nonton film di rumah seasyik di bioskop. Mau tahu bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

home theatre

Langkah pertama tentunya kamu harus memperhatikan perangkat audio, yakni home theatre yang terdiri dari beberapa speaker. Jika belum ada, tentunya kamu harus membelinya, heheh. Nah, untuk masalah suara yang dikeluarkan, tergantung pada mutu speaker itu sendiri. Sebaiknya, kamu memilih home theatre yang memiliki minimal lima speaker, dengan dua front speaker, satu center, output berbeda, sub woofer, dan dua surround.

Setelah kalian memilih home theatre yang tepat. Sekarang saatnya kamu memperhatikan instrumen akustik. Tentunya langkah ini bertujuan untuk memberikan dentuman atau bunyi yang dikeluarkan dari perangkat home theatre. Sehingga akan terasa seperti berada di dalam bioskop. Tutup semua jendela yang ada dengan menggunakan tirai, dan sebaiknya juga lantai serta dinding dilapisi dengan glasswool, atau wallcover. Bunyi dari home theatre pun tak akan memantul kembali.

ukuran ruang

Hal berikutnya yang harus kamu perhatikan untuk membuat bioskop di rumah adalah ukuran ruang. Ini sangatlah berpengaruh dalam menciptakan sensasi bioskop di dalam rumah. Jika kamu menggunakan tv plasma, sebaiknya ukuran ruang yang digunakan minimal 3×4 meter. Namun jika menggunakan tv plasma, cukup untuk beberapa orang saja. Sedangkan untuk kamu yang ingin ramai-ramai menonton film layaknya seperti di bioskop, gunakanlah proyektor, dengan syarat ukuran ruangannya yakni seluas 4×6 meter. Tentu dengan memperhatikan ukuran ruangan yang digunakan, akan membuat kamu bersama kerabat maupun keluarga tercinta saat menonton akan terasa nyaman.

pencahayaan

Langkah terakhir yakni pencahayaan. Hal ini tak kalah pentingnya dari ketiga langkah sebelumnya. Kondisi cahaya akan dapat mempengaruhi terhadap gambar yang dihasilkan oleh layar, baik itu menggunakan tv plasma, maupun proyektor. Ada perbedaan untuk kedua alat tersebut, jika menggunakan tv plasma, pencahayaan sebaiknya terang, sehingga akan menghasilkan tampilan yang optimal. Sementara untuk proyektor, sebaiknya pencahayaan lebih gelap, supaya gambar lebih tajam.

Itulah beberapa langkah-langkah menjadikan rumah sebagai bioskop. Sehingga, kamu bersama keluarga tak perlu pergi ke bioskop hanya untuk menonton film. Namun harus di ingat, belilah produk original! Jangan beli yang bajakan! Dengan begitu, kita menjadi manusia yang bijaksana, dengan menghargai karya orang lain. Terima Kasih.